Ratusan Rumah di Solo Kebanjiran



Ratusan rumah di tiga kecamatan di Kota Solo, Jawa Tengah, kembali terendam banjir. Berdasarkan pantauan Metro TV, Ahad (9/3), ketinggian air lebih dari satu meter. Ratusan warga mengungsi seraya menyelamatkan barang-barang berharga mereka.

Menurut warga bernama Sartin, meski hujan sudah berhenti, genangan air akibat luapan Sungai Bengawan Solo semakin meninggi. Dia menambahkan dalam dua bulan terjadi lebih dari lima kali banjir. Sartin dan warga lainnya pun khawatir akan terjadi banjir bandang seperti Desember silam. Sebab, aliran air yang masuk ke dalam rumah sangatlah deras.

Berdasarkan data sementara dari Pemerintah Kota Solo, banjir kali ini setidaknya merendam ratusan rumah di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Pasar Kliwon, Jebres dan Joyontakan.

Bah juga merendam Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Ratusan rumah di Desa Kadokan, Kecamatan Grogol, tergenang. Warga harus dievakuasi karena air terus meninggi. Pantauan Metro TV, hingga kini ketinggian air berkisar mulai dari 10 sentimeter hingga lebih dari satu meter.

Bencana ini terjadi setelah hujan mengguyur sejak Ahad siang. Akibatnya, air Bengawan Solo terus naik hingga meluap ke rumah warga. Kenaikan air terbilang cepat. Dalam satu jam, puluhan rumah terendam. Hingga kini tim Search and Rescue Kabupaten Sukoharjo masih terus bersiaga menyelamatkan warga jika genangan terus meninggi.

sumber: metro tv news .com

No comments: