Atasi Banjir, Puluhan Waduk Akan Dibangun

Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto mengungkapkan, untuk mengantisipasi bencana banjir akibat meluapnya beberapa sungai, pihaknya akan membangun puluhan waduk kecil tahun depan.

"Pembangunan waduk kecil ini akan mengurangi debit air ke sungai besar dan sangat signifikan mengurangi banjir," kata Joko Kirmanto dalam jumpa pers usai meninjau banjir di Solo pada Jumat (28/12) ini.

Waduk-waduk kecil itu akan dibangun di anakan sungai yang mengalir ke sungai besar. "Rancangan lokasi yang layak dibangun waduk saat ini sudah ada," kata Joko.

Sementara itu, Direktur Jenderal Sumber Sumber Daya Air, Ivan Nursyiwan mengungkapkan, pembangunan waduk kecil akan dimulai dari dua waduk di Pacitan, Ponorogo dan Madiun di Provinsi Jawa Timur. Khusus untuk Solo, pemerintah akan membuat drainase tambahan yang baik supaya tidak menyebabkan banjir.

Joko Kirmanto berharap masing-masing daerah melakukan perencanaan secara bersama. Sebab untuk membuat Daerah Aliran Sungai (DAS) yang baik agar tidak menimbulkan banjir diperlukan kebijakan yang saling terkait antara satu daerah dan daerah lain. "Kuncinya koordinasi," katanya.

sumber: tempo interaktif .com

No comments: