SBY: Tangani pengungsi sebaik-baiknya

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta pemerintah daerah dapat mengelola semua bantuan bencana alam dengan baik. Presiden menjamin bahwa pemerintah pusat akan membantu rekonstruksi kerusakan berat akibat banjir yang terjadi di Soloraya dan daerah lain.
Hal tersebut disampaikan SBY saat mengunjungi lokasi bencana banjir Desa Laban, Kecamatan Mojolaban, Minggu (30/12). Selain itu, Presiden juga meminta agar Pemkab melakukan penanganan kepada para korban banjir yang berada di pengungsian. “Kita sudah mengetahui bersama penjelasan dari Bupati (Bambang Riyanto-red), maka kami berpesan agar pengungsi ini ditangani dengan baik. Dan bantuan yang diterima dari berbagai pihak juga harus diatur dan dikelola dengan baik,” kata presiden didampingi Ibu Negara, Ny Ani Yudhoyono.
Sementara itu, Presiden juga meminta kepada warga masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca yang belum bersahabat. Salah satunya dengan memantau prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).
Mengenai rekonstruksi pascabencana, Presiden mengatakan untuk kerusakan yang ringan menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten. Sedangkan untuk kerusakan yang berat ditangani oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) sesuai dengan kemampuan yang ada. Jika dirasa terlalu berat, akan ditangani oleh pemerintah pusat.
”Soal rehabilitasi, policy saya adalah kalau (bangunan dan infrastruktur-red) yang rusak ringan ditangani oleh Pemkab Sukoharjo, dan pada tingkat kerusakan tertentu provinsi (Pemprov Jateng) juga bisa mengatasi sesuai dengan kemampuan Pemprov, kalau tidak mampu akan ditangani pemerintah pusat dengan anggaran yang ada,” lanjut SBY.
Sementara itu, juru bicara kepresidenan Andi Mallarangeng kepada Espos mengungkapkan bahwa bantuan tanggap bencana Presiden yang diberikan melalui Pemprov Jawa Tengah dan Jawa Timur masing-masing senilai Rp 5 miliar. Selain itu, Presiden juga memberikan bantuan bagi warga di lokasi yang ditinjau, berupa bahan makanan kebutuhan logistik lainnya.
Di Solo, SBY sempat dijadwalkan meninjau ke lokasi korban banjir di Solo. Namun, rencana tersebut dibatalkan. Setibanya di Solo, SBY dan rombongan langsung menuju The Sunan Hotel untuk bermalam.

sumber solo pos .co .id

No comments: