Menteri PU Minta Warga Solo Pahami Pembukaan Pintu Waduk

Dua kali sudah pintu air Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, dibuka. Air pun mengaliri Kota Solo. Menteri PU Djoko Kirmanto meminta warga Solo memahami keputusan itu.

Dibukanya pintu waduk karena kondisi ketinggian air yang melebihi batas aman. Sesuai prosedur standar pengoperasian, pintu air pun dibuka.

"Saat ini ketinggian air waduk sudah melebihi ambang batas akibat hujan yang turun sejak Kamis. Untuk itu, volume air waduk harus dikurangi demi keamanan waduk. Sebab kalau tidak, waduk bisa jebol," kata Djoko saat meninjau kondisi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jumat (28/12/2007).

Batas aman ketinggian waduk adalah 136 meter dan tak boleh melebihi 138 meter. Jika ketinggian air sudah melewati batas tersebut maka pintu air harus dibuka sampai air mencapai batas aman.

"Jangan sampai demi kepentingan penduduk di wilayah hilir, keamanan waduk diabaikan. Kalau volume air sudah melebih kapasitas kekuatan maksimal, waduk bisa jebol. Dan kalau sampai itu terjadi, hampir seluruh wilayah Surakarta akan kebanjiran," tandasnya.

Pembukaan pintu air, menurut, Djoko tidak akan dilakukan besar-besaran. Tetapi mempertimbangkan beban yang akan ditahan bagian hulu serta potensi banjir di wilayah hilir.

Source: detik .com

No comments: