Jumlah sekolah yang terendam bertambah jadi 33

Jumlah sekolah di Kota Solo yang terendam banjir terus bertambah. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Jumat (28/12), menyebutkan jumlah sekolah terendam bertambah dari 20 menjadi 33 sekolah.
Meski demikian, Kepala Disdikpora Kota Solo, Drs H Amsori SH MPd, menyatakan pihaknya belum berencana mengubah jadwal ujian semester yang sebelumnya telah dimundurkan menjadi Rabu-Sabtu (2-5/1).
”Bagi sekolah-sekolah yang tidak terkena banjir, kami berharap ujian tetap bisa dilaksanakan sesuai keputusan sebelumnya, yaitu Rabu-Sabtu,” ujar Amsori, seusai peresmian Taman Cerdas, di Kelurahan Sumber, kemarin.
Namun, lanjut Amsori, bagi sekolah-sekolah yang hingga Rabu masih tergenang air dan tidak bisa menyelenggarakan ujian semester, pihaknya akan mencarikan lokasi sekolah yang memungkinkan untuk penyelenggaraan ujian, seperti SD atau SMP yang tidak tergenang air. Atau, sekolah tersebut bisa menyelenggarakan ujian susulan dengan soal tes susulan pula.
Sementara menunggu banjir mereda, Amsori mengatakan para siswa diminta untuk tetap belajar di rumah masing-masing. Sedangkan keluarga sekolah (kepala sekolah, guru dan komite) diminta bekerja sama dengan masyarakat mengadakan piket untuk menjaga keamanan sekolah.
”Jika air sudah surut, keluarga sekolah dan masyarakat sekitar juga diminta segera membersihkan dan menata kembali fasilitas sekolah, sehingga bisa segera dipakai untuk kegiatan belajar mengajar,” katanya.
Disinggung soal bantuan bagi sekolah-sekolah yang terkena banjir tersebut, Amsori mengatakan pihaknya akan melakukan pendataan terlebih dahulu ke sekolah-sekolah tersebut, kira-kira apa saja fasilitas sekolah tersebut yang mengalami kerusakan akibat banjir. Amsori memperkirakan fasilitas sekolah yang paling banyak mengalami kerusakan adalah buku-buku, baik buku pelajaran maupun buku tulis, terutama milik para siswa yang rumahnya terendam air.

33 Sekolah terendam banjir

Wilayah Nama Sekolah
Kecamatan Serengan SDN Plalan 1
SDN Plalan 2
SDN Joyotakan
SD Islam Bakti Joyotakan
SMK Muhammadiyah 1 Gading
TK Orbit
TK Widya Wacana 6
TK Siwi Peni 12
TK Bakti 10
Kecamatan Pasar Kliwon SDN Dadapsari
SDN Mojo 1
SDN Mojo 2
SDN Mojo 3
SDN Losari
SDN Semanggi 40
SD Ngepung
SDN Wiropaten 2
SD Muhammadiyah 18
TK Indria Putra 2
TK Aisyiah 1 Semanggi
TK Arafat Semanggi
SDN Sawahan 2
SMPN 6
Kecamatan Jebres SDN Kalangan
SDN Kampung Sewu No 25
SDN Badran
SDN Wonosaren 1
SDN Wonosaren 2
SDN Beton
SDN Karengan
SD Muhammadiyah Kampung Sewu
TK Aisyiah Kampung Sewu
SMPN 21
Sumber: Disdikpora Kota Solo

sumber: solopos .co . id

No comments: