Gelombang di Laut Jawa diprakirakan satu meter

Tinggi gelombang di Laut Jawa yaitu di perairan pantai utara (Pantura) Jateng, Selasa (8/1) ini, diprakirakan berkisar 0,4 meter hingga 0,8 meter dan maksimalnya 1 meter.
Petugas Stasiun Meteorologi Maritim Semarang, Winarti, di Semarang, Senin (7/1), mengatakan dengan kondisi cuaca dan gelombang laut di perairan Pantura Jateng tersebut diprakirakan relatif aman untuk nelayan melaut.

Ia mengatakan kecepatan angin di wilayah perairan Pantura Jateng pada hari yang sama berkisar empat km-18 km per jam dari arah barat, sedangkan di Karimunjawa berkisar lima meter hingga dua 21 km per jam dan arah anginnya sama.
Gelombang laut di Karimunjawa pada hari yang sama diprakirakan 0,5 meter hingga satu meter dan maksimalnya 1,3 meter. Keadaan cuaca diprakirakan hujan ringan hingga sedang yaitu pada pagi, sore hingga malam hari.
Menyinggung tentang pasang surut air laut di Pantai Semarang, Selasa (8/1) ini, menurut dia, diprakirakan tertinggi mencapai satu meter terjadi pukul 21.00 WIB atau terendah 0,30 cm pada pukul 11.00 WIB.

Meskipun kondisi cuaca di perairan wilayah Pantura relatif aman, para nelayan perlu tetap waspada dan berhati-hati untuk menjaga keselamatan.
Mengenai gelombang laut di perairan pantai Laut Selatan yaitu di Cilacap pada hari Selasa ini diprakirakan berkisar 0,9 meter hingga dua meter dan maksimal 2,5 meter, sedangkan kecepatan angin antara delapan km-30 km per jam dari arah barat daya.
Di Laut Selatan bagian tengah pada hari yang sama, gelombangnya lebih tinggi, diprakirakan satu meter hingga 2,5 meter, maksimal tiga meter.
Oleh karena itu, kata dia, para nelayan di perairan Laut Selatan harus lebih waspada dan cermat melihat kondisi cuaca di laut tersebut karena gelombangnya lebih tinggi dan anginnya juga lebih kencang.

sumber: solo pos .co .id

No comments: